dari rasendriya revo ,keutamaan orang2 yg tidak melalaikan shalat

Posted: Juni 18, 2011 in Uncategorized

assalamualaikum,hai…teman apa kabarnya nih?semoga baik.kali ini saya akan menjelaskan keutamaan orang2 yg tidak melalaikan shalat,berikut artikelnya:

oh iya kalian udah shalat belom?harus udah dong!,kalo udah shalat tepat waktu gk?harus tepat dong!.kita kalo shalat harus tepat waktu!,karena ada beberapa kelebihan untuk orang2 yg shalatnya tepat waktu,Sabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam : Bagaimana pendapat kamu sekalian, seandainya di depan pintu masuk rumah salah seorang di antara kamu ada sebuah sungai, kemudian ia mandi di sungai itu lima kali dalam sehari, apakah masih ada kotoran yang melekat di badannya?” Para sahabat menjawab: “Tidak akan tersisa sedikit pun kotoran di badannya.” Bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam: “Maka begitu pulalah perumpamaan shalat lima kali sehari semalam, dengan shalat itu Allah akan menghapus semua dosa.” (Muttafaq ‘alaih) 3. Sabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam : “Tidak ada seorang muslim pun yang ketika shalat fardhu telah tiba kemudian dia berwudhu’ dengan baik dan memperbagus kekhusyu’annya (dalam shalat) serta ru-ku’nya, terkecuali hal itu merupakan penghapus dosanya yang telah lalu selama dia tidak melakukan dosa besar, dan hal itu berlaku sepanjang tahun itu.” (HR. Muslim),mau tau?nih kelebihan lainnya?:

1.dapat dengan mudah menyebrangi jembatan antara surga dan neraka.yg dimana jembatan itu ebih tajam dari pedang tertajam didunia,dan tipisnya 1/7 helai rambut.enak bukan?!

2.mendapat syafaat dari nabi Muhammad.SAW di hari kiamat.nanti pada saat hari kiamat nabi Muhammad akan menolong umatnya yg beristiqomah dijalannya,tapi gimana sih biar nabi Muhammad tau kalo kita itu umatnya?,caranya adalah shalat tepat waktu.nanti di akhirat (padang mahsyar)ada yg bersembunyi di gua,di bawah pasir,dll.tapi bagi orang2 yg beriman aka mendengar panggilan dari rasulullah sehingga tertolong dari api neraka,sedangkan yg tidak beriman tidak akan dapat mendengar syafaat dari rasulullah,dan akhirnya jatuh ke api neraka.

tapi kadang ada yg masih meninggal kan shalat dengan alasan dalam perjalanan jauh,islam itu mempumyai rukhsah (kemudahan dari ALLAH.SWT dalam menjalankan ibadah).

kalo kita sedang dalam perjalanan kita boleh men-jamak shalat yaitu menggabungkan dua shalat dalam satu waktu.salat jamak dibagi menjadi dua yaitu:

a.jamak takhdim yaitu men jamak dua shalat fardu dalam satu waktu di waktu yg pertama,misalnya mengerjakan salat magrib dan isya pada waktu magrib,atau zuhur dan asar pada waktu zuhur(subuh tidak boleh di jamak)

b.jamak takhir,yaitu menjamak dua shalat fardu dalam satu waktu pada waktu yg terakhir,misalnya isya dan magrib dikerjakan pada waktu isya.

ada juga rukhsah yg lain yaitu qasar,shalat qasar hanya boleh dilakukan pada shalat wajib yg jumlah rakaat nya 4,salat qasar artinya meringkas shalat misalnya mengerjakan shalat zuhur di qasar menjadi da rakaat.shalat subuh tidak dapat diqasar

dan yg terakhir shalat jamak qasar yaitu mengerjakan dua shalat wajib dalam satu waktu dan juga diringkas, misalnya mengerjakan shalat magrib dan isya dikerjakan pada waktu isya,yg isya 2 rakaat yg magrib 3 rakaat.

mungkin hanya ini yg bisa saya sampaikan semoga bermanfaat.!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s